Rayap tidak hanya mengganggu tapi juga membahayakan karena sifatnya yang merusak. Tidak jarang struktur rumah rusak karena serangan rayap. Terkadang, serangan rayap tidak disadari pemilik rumah hingga terjadi kerusakan yang sudah terlanjur parah. Selain itu, jika rumah sudah terlanjur rusak maka dibutuhkan renovasi yang nantinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebaiknya rayap dibasmi sedini mungkin sebelum terjadi kerusakan yang lebih fatal pada struktur bangunan rumah anda.

Serangan rayap di tembok

Rayap menyerang area khusus pada rumah anda. Lokasi yang paling sering dijadikan sarang ialah material yang terbuat dari kayu seperti furnitur dan fondasi. Kemudian, tembok juga sering menjadi lokasi serangan rayap untuk bersarang dan berkembang biak. Maka, pastikan untuk melakukan deteksi dini terhadap serangan rayap.

Selain itu, tindakan pencegahan sebenarnya juga dapat dilakukan pada masa pra-konstruksi. Misalnya dengan memilih material yang tahan terhadap serangan rayap. Untuk material kayu misalnya, pilih kayu berkualitas seperti kayu jati. Atau gunakan pelapis anti rayap pada material kayu yang akan digunakan. Sehingga terhindar dari serangan rayap.

Kemudian, pastikan untuk membuat ventilasi yang baik dan memadai pada rumah. Hal ini untuk menjaga agar sirkulasi udara dirumah berkualitas, serta mencegah suhu ruangan agar tidak redup dan lembab. Dimana kondisi tersebut merupakan kondisi ideal bagi rayap untuk berkembang biak. Untuk mencegah serangan rayap di tembok, bisa juga dengan cara menggunakan material yang berkualitas. Serta secara berkala memeriksa tembok apakah terdapat ciri-ciri serangan rayap yang terlihat.

Deteksi serangan rayap di tembok

Mendeteksi serangan rayap pada bagian tembok rumah bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya dengan melihat jejak kotoran rayap yang menggunduk di satu atau beberapa area dekat tembok. Atau bisa juga dengan mendeteksi adanya jalur lumpur yang menempel pada tembok. Kemudian, bisa dideteksi juga dengan cara mengetuk tembok untuk mengetahui jika terdapat bagian tembok yang keropos yang menandakan adanya rayap dibagian dalam.

Gunakan bahan yang tepat untuk membasmi rayap di tembok

Ada berbagai bahan yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah hama rayap di tembok. Misalnya saja larutan garam, minyak kulit jeruk, minyak tanah, oli, solar, dan kapur barus. Bisa juga menggunakan bahan-bahan kimia yang dijual dipasaran. Namun sebaiknya pastikan untuk membaca instruksi penggunaannya terlebih dahulu agar proses yang dilakukan tepat dan aman.

Cara ampuh menghilangkan rayap ditembok

Untuk menghilangkan rayap di tembok bisa digunakan cara simpel. Pertama, lakukan penyemprotan melakuka salah satu bahan yang telah disebutkan sebelumnya. Lakukan selama beberapa kali. Atau bisa juga dengan memancing rayap dengan memasang kardus basah pada tembok. Lalu bakar kardus yang dihinggapi rayap tersbut diluar.

Kemudian, tutup jika ada bagian tembok yang retak atau keropos. Sehingga rayap tidak akan bisa kembali masuk dan berkembang biak. Selanjutnya, pagari garis disetiap akses masuk seperti pintu atau jendela dengan kapur barus.

Hubungi profesional untuk basmi rayap dengan tuntas

Cara lain yang bisa dilakukan jika rayap tidak kunjung pergi ialah dengan menggunakan jasa pembasmi hama profesional seperti PT. FUMIDA Pestindo Jaya. Berbagai metode pilihan digunakan sesuai kondisi dan jenis hama untuk pembasmian efektif dan menyeluruh. Alat modern dan memadai ditambah dengan bahan ampuh digunakan untuk menghilangkan rayap seketika. Kunjungi FUMIDA di www.fumida.co.id untuk informasi lebih lanjut seputar penanggulangan masalah hama. Pastikan rumah anda tetap aman dari serangan rayap dengan menggunakan jasa pembasmi hama dari Fumida, hubungi segera di 0822-1123-1123 dan 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123