web analytics

Bagaimana Cara Membasmi Cicak? Adakah Cara Alami dan Efektif Untuk Mengusir Cicak? Mungkin pertanyaan tersebut masih membuat anda penasaran. Dan untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan, berikut kami sudah merangkum beberapa tips dan cara cepat yang bisa anda terapkan guna membuat rumah anda bebas cicak. Baca dan simak artikel ini sampai selesai!

18 Cara Alami Membasmi Cicak Di Rumah

Ada begitu banyak alternatif yang bisa anda terapkan untuk mengusir cicak dari rumah anda. Dan bisa saja menggunakan bahan alami, penempatan barang tambahan, dan menyesuaikan hal-hal lain sehingga meminimalisir adanya cicak pada dinding rumah anda. Memang mungkin terbilang sangat sederhana, namun cara ini cukup efektif menyingkirkan adanya cicak yang mengganggu. Apa saja yang pelu anda lakukan? Berikut selengkapnya!

1. Memelihara Kucing
Cara ini terbilang sangat sederhana dan tidak pelu menangkap sendiri cicak yang berkeliaran dirumah anda. Sebab cicak merupakan salah satu mangsa yang disukai oleh kucing, jadi dengan begitu populasi cicak dirumah anda akan sedikit berkurang.

2. Membasmi Nyamuk
Apa kaitannya nyamuk dengan cicak? Mungkin anda bisa menebaknya dengan menyanyikan lagu anak-anak terkait dengan cicak. Benar adanya bahwa nyamuk salah satu makanan favorit cicak. Jadi dengan sedikit adanya nyamuk dirumah, secara tidak langsung akan mengurangi pula populasi cicak. Bisa dibilang cara ini sekali gayung 2 pulau terlampaui.

3. Membersihkan Serangga
Masih ada hubungannya dengan nyamuk, serangga kecil bisa menjadi pemicu munculnya cicak. Umumnya cicak sering berada dekat lampu dimalam hari, hal tersebut karena disitu banyak serangga yang berterbangan. Dengan mengusir serangga dirumah anda, maka sudah ikut serta juga untuk mengusir cicak.

4. Menggunakan Pelapis Dinding Licin
Mungkin cara ini terbilang tidak begitu efektif, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba. Penerapan cat atau keramik yang licin pada dinding akan mengurangi daya lekat kaki cicak. Sehingga dengan hal ini tentu akan mencegah cicak naik pada dinding.

5. Tutup Makanan Di Meja
Cara paling mudahnya ialah menutup makanan dengan tudung saji. Hal ini akan mencegah dan mengurangi sumber makanan yang dicari cicak. Meski begitu anda juga harus rutin menjaga dan membersihkan serangga dirumah anda. Sebab meski makanan ditutupi, tentu cicak masih mempunyai makanan alternative yaitu serangga.

6. Cegah Cicak Masuk Rumah
Cara yang bisa anda terapkan ialah mengurangi celah masuknya cicak kedalam rumah. Salah satunya ialah menutup jendela, fentilasi udara, pintu, dan lain sebagainya. Bisa juga menggunakan jaring kawat supaya benar-benar terjebak dan tidak mampu masuk kedalam rumah.

7. Gunakan Kapur Barus
Aroma yang ditimbulbukan oleh kapur barus sangat menyengat dan tidak disukai oleh cicak. Sangat cocok untuk diterapkan pada lemari pakaian atau tempat lain yang anda kehendaki.
Pasang Pendingin Ruangan
Cicak merupakan hewan yang berdrah panas, jadi salah satu alternatif yang mungkin sangat sesuai ialah dengan memasang AC pada ruangan tertentu. Dengan begitu cicak akan jauh-jauh dan minggat dari ruangan tersebut.

8. Menggantung Bulu Merak
Tujuan dari tips ini ialah untuk menakut-nakuti cicak sehingga hewan tersebut meninggalkan rumah anda. Cicak akan menganggap bahwa bulu tersebut burung asli sehingga dirinya merasa terancam. Cukup tempatkan bulu merak pada area tertentu sehingga anda tidak khawatir akan adanya cicak pada tempat tersebut.

9. Menggunakan Bubuk Kopi
Aroma harum yang dikeluarkan kopi sangat efektif untuk mengusir cicak. Tampatkan kopi pada lokasi yang sering didatangi cicak, maka hewan tersebut akan enggan untuk hinggap ditempat tersebut. Sangat sederhana dan bisa langsung anda terapkan.

10. Menjaga Kebersihan Kolong Meja
Pada dasarnya cicak sangat suka dengan tempat gelap. Entah itu dibelakang lemari, kolong meja makan, kursi, dan lain-lainnya. Jika anda rutin membersihkan area yang kami sebut, maka tidak menutup kemungkinan bahwa cicak akan merasa terusir.

11. Menerapkan Bawang
Ada dua jenis bawang yang tidak disukai oleh cicak yaitu bawang merah dan bawang putih. Kedua bahan ini bisa menjadi alternatif untuk menjauhkan cicak dari rumah anda. Cukup taruh bawang pada area jendela atau ventilasi yang biasanya digunakan cicak untuk masuk rumah.

12. Menggunakan Tembakau
Tembakau mengeluarkan aroma yang khas dan identik dengan harum. Namun bau tersebut justru akan membuat cicak menjadi eneg dan perlahan ditinggalkan. Cara sederhananya ialah dengan mengaplikasikan tembakau pada tempat dimana sering muncul cicak.

13. Memanfaatkan Cangkang Telur
Perlu anda ketahui bahwa cicak sangat tidak suka dengan aroma yang dikeluarkan oleh telur mentah. Dan yang bisa menjadi alternatif ialah menempatkan kulit telur yang sudah dihancurkan pada tempat dimana cicak bersarang.

14. Mengusir Cicak Dengan Lada Hitam
Bahan ini sudah terbukti dan banyak digunakan untuk mengusir cicak dari dalam rumah. Meski terbilang sederhana, namun rempah yang satu ini cukup efektif agar rumah anda bebas dari cicak. Penerapan hanya dengan menaburkan bubuk lada pada lokasi dimana sering terdapat cicak.

15. Menggunakan Air Sabun Dan Deterjen
Paduan keduan bahan ini akan membuat cicak merasa mabuk. Cukup larutkan air sabun dan deterjen dengan komposisi sesuai selera. Semprotkan langsung pada cicak dan lakukan berulang supaya cicak benar-benar bersih dar rumah anda.

Selain beberapa tips yang sudah kami sebutkan diatas, terdapat pula beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cicak pada rumah anda. Hal tersebut berupa :

16. Penggunaan Karet Gelang Untuk Menembak Cicak
Sangat unik dan bahkan bisa menjadi hiburan untuk anda. Dengan mengambil karet gelang dan menembakkan langsung pada tubuh cicak, maka secara kontan akan membuat cicak jatuh. Tidak perlu dengan keras, cukup usahakan mengena langsung dan memberi kesan kejut pada cicak.

17. Melakukan Penjebakan Pada Cicak
Mungkin anda sudah pernah mendapati cicak terjebak pada gelas atau teko air. Dan hal ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk menjebak cicak supaya bisa tertangkap dan anda buang. Sebagai pancingan, taruh gelas dengan ukuran tinggi dan isi dengan kopi atau minuman yang disukai cicak. Usahakan pula supaya cicak tidak bisa naik jika sudah terjebak didalamnya.

18. Menggunakan Jasa Pembasmi Cicak
Anda bisa memilih jasa yang terpercaya dan yang kami anjurkan ialah jasa dari kami. Sebab FUMIDA sudah mempunyai pengalaman, profesional, dan tentu membersihkan cicak dirumah anda secara tuntas. Dengan hanya menghubungi FUMIDA di 0822-1177-1166 / 021-29049130, maka anda bisa langsung konsultasi dan bisa segera ditindak lanjuti.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

Lokasi Kantor FUMIDA

Kirimkan Kami Pesan

WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang