fbpx

Gatal di kulit hingga menimbulkan bentol dan kemerahan sering disebabkan oleh gigitan serangga. Nyamuk adalah salah satu yang paling umum menyebabkan gangguan tersebut. Namun nyamuk bukan satu-satunya hewan yang bisa menimbulkan gatal pada kulit. Ternyata kutu busuk juga termasuk hewan penyebab gatal di kulit dengan efek yang sama mengganggunya.

Kutu busuk juga menghisap darah manusia melalui kulit, sama seperti cara nyamuk menyebabkan gatal. Sayangnya keberadaan kutu busuk sangat sulit dideteksi karena bisa bersembunyi dengan sangat baik dan sering tidak terlihat oleh mata. Cara mengatasinya pun jadi lebih sulit dibanding cara menghalau nyamuk. Inilah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membasmi kutu busuk bahkan juga telurnya.

Temukan Sarangnya

Cara membasmi kutu busuk yang pertama harus dimulai dengan menemukan sarangnya terlebih dahulu. Area yang paling umum menjadi tempat persembunyian kutu busuk adalah kasur atau tempat tidur. Selain itu, perabot rumah lain seperti kursi juga bisa menjadi sarang kutu busuk. Celah dinding atau lantai hingga belakang foto atau poster juga sangat mungkin dipenuhi kutu busuk beserta telurnya.

Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar atau senter. Hewan pengganggu tersebut umumnya berwarna merah dan memiliki ukuran yang lebih panjang saat berusia dewasa. Sedangkan kutu busuk yang masih berusia muda memiliki warna pucat seperti kulit telur dan bentuknya lebih kecil. Sedangkan kotoran kutu busuk biasanya berwarna hitam berbentuk bintik kecil yang biasa ditemukan di kasur.

Gunakan Bahan Alami

Cara membasmi kutu busuk selanjutnya akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui letak sarangnya. Usaha yang Anda lakukan akan lebih fokus dan bisa membawa hasil dengan berkurangnya kutu busuk atau bahkan bisa hilang seluruhnya. Untuk rekomendasi yang pertama, Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami. Penggunaan bahan alami tentu lebih aman dan mudah didapatkan di sekitar Anda.

Jenis bahan alami yang bisa Anda gunakan semisal garam dan cuka. Keduanya memang ampuh untuk membasmi berbagai jenis hama dan serangga termasuk kutu busuk dan telurnya. Cara penggunaan garam dan cuka untuk membasmi kutu busuk juga cukup mudah. Anda bisa mencampurkannya dengan air secukupnya dan mengisikannya pada botol yang memiliki alat semprot. Kemudian semprotkan larutan garam atau cuka pada tempat yang dihuni kutu busuk.

Selain menyemprotkan larutan cuka atau garam, Anda juga bisa memakai bahan alami yang memiliki bau tajam. Aroma kulit durian salah satunya yang tidak disukai kutu busuk. Anda bisa menggunakan potongan kulit durian dan menaruhnya di sarang kutu busuk. Daun sirsak juga bisa Anda gunakan dengan cara yang sama karena memiliki aroma khas yang tidak disukai kutu busuk. Cara membasmi kutu busuk ini cukup mudah dan terbukti efektif.

Masih ada bahan alami lain yang bisa diandalkan untuk membasmi kutu busuk yaitu bawang putih dan bawang merah. Campurkan kedua jenis bawang tersebut hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada tempat berkumpulnya kutu busuk. Cara ini bisa dilakukan untuk tempat-tempat yang lebih sulit dijangkau seperti area sudut. Efek panas dan aroma menyengat dari kedua jenis bawang tersebut akan membuat kutu busuk menjadi tidak berdaya.

Gunakan Bahan Kimia

Tidak hanya bahan alami, Anda juga bisa langsung menggunakan bahan kimia untuk memberantas kutu busuk di berbagai sudut rumah. Cara membasmi kutu busuk dengan bahan kimia harus memperhatikan ukuran yang tepat. Pasalnya jika Anda menggunakan bahan kimia secara berlebihan untuk memberantas kutu busuk, itu bisa membahayakan kesehatan seluruh anggota keluarga, seperti infeksi dan alergi.

Anda bisa mendapatkan obat kimia khusus untuk membasmi kutu busuk di apotek. Biasanya obat yang semacam itu berbentuk cair yang dikemas dalam wadah lengkap dengan semprotannya. Ketika menyemprotnya, Anda pun harus memperhatikan jarak karena cairan kimia tersebut tidak boleh sampai mengenai kulit dan mata. Obat semprot kutu busuk ini bisa digunakan di berbagai area baik di permukaan maupun yang tersembunyi.

Jika Anda tidak menemukan obat khusus pembasmi kutu busuk, Anda bisa menggunakan cairan insektisida dengan kandungan khusus yang bisa membunuh kutu busuk beserta telurnya. Cairan tersebut harus mengandung Pyrethrins dan pyrethroids, Neonicotinoid, dan Dessicants untuk cara membasmi kutu busuk. Namun perlu diperhatikan apakah kutu busuk sudah resisten terhadap kandungan cairan tersebut atau belum untuk melihat efektivitasnya.

Gunakan Alat Khusus

Untuk memaksimalkan penggunaan bahan alami, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa alat pembantu untuk membasmi kutu busuk. Salah satunya hair dryer. Alat pengering rambut itu bisa mengeluarkan suhu tinggi saat dinyalakan. Gunakan hair dryer langsung di atas permukaan yang ditempati kutu busuk. Atur alat tersebut pada suhu tinggi yang maksimal. Panas yang dihasilkan mampu membunuh kutu busuk sekaligus telurnya.

Jika kutu busuk yang sangat mengganggu hidup di permukaan benda seperti kasur, Anda bisa memanfaatkan sikat. Cara membasmi kutu busuk dengan alat tersebut cukup dengan menyikatnya di seluruh permukaan benda. Pastikan tidak ada area yang terlewat dari penggunaan sikat. Termasuk untuk celah kasur yang tersembunyi, Anda harus menyikatnya dengan benar. Cara ini bisa membuat kutu busuk menyingkir dari kasur.

Anda pun boleh memanfaatkan vacuum cleaner untuk membasmi kutu busuk di kasur maupun di permukaan lain. Tidak hanya debu dan kotoran, hewan pengganggu seperti kutu busuk juga bisa terperangkap dalam alat elektronik tersebut. Jangan lupa untuk membuang hasil sedotan vacuum cleaner di luar rumah agar kutu busuk tidak kembali.

Bersihkan Benda yang Ditinggali Kutu Busuk

Setelah membersihkan kutu busuk dengan cara-cara di atas, Anda harus melanjutkan ke tahap pembersihan. Cara membasmi kutu busuk dengan membersihkan benda bisa memastikan bahwa tidak ada kutu busuk atau telurnya yang tertinggal. Anda bisa mencuci peralatan seperti sprei atau sarung bantal dan guling yang menjadi sarang kutu busuk. Gunakan air panas untuk mencuci agar sisa kutu busuk benar-benar mati.

Untuk benda lain yang tidak mungkin dicuci, Anda cukup menjemurnya di bawah sinar matahari. Misalnya kasur atau sofa yang semua menjadi tempat tinggal kutu busuk. Apabila memungkinkan, Anda juga bisa membungkus peralatan dengan plastik selama setahun penuh. Pasalnya hewan tersebut bisa bertahan tanpa makan selama setahun dan setelahnya akan mati.

Agar benda-benda tersebut tidak lagi menjadi sarang kutu busuk, pastikan menempatkannya pada ruangan yang dilengkapi sirkulasi udara bagus. Sinar matahari yang bisa menembus ruangan juga mencegah kemungkinan kutu busuk berkembang biak. Lakukan pencegahan agar ruangan tidak terlalu lembab dan petang karena kutu busuk sangat menyenangi tempat yang demikian.

Apabila Anda tidak ingin kerepotan atau cara membasmi kutu busuk di atas tidak menunjukkan hasil, gunakan jasa pembasmi kutu. PT Fumida Pestindo Jaya memiliki tim profesional dengan lisensi yang sudah diakui sebagai jasa pembasmi kutu terpercaya. Segera kunjungi hubungi tim professional kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130 untuk info lebih lanjut mengenai layanan pembasmian kutu busuk.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123