Habitat alami tikus adalah tempat kotor dan menjijikkan, salah satunya got atau saluran pembuangan air. Menjelang musim tiba, cuaca malam yang dingin di saluran pembuangan air kerap membuat tikus mencari tempat yang lebih nyaman dan hangat. Salah satu tempat yang biasa digunakan tikus yaitu mesin mobil.

Ruangan mesin yang hangat membuat tikus lebih nyaman berada di dalamnya. Namun ternyata banyak bahaya yang bisa ditimbulkan jika tikus dibiarkan di dalam mesin mobil Anda. Tikus bisa menggerogoti kabel-kabel mesin sampai putus. Inilah yang menjadi penyebab utama masalah pada kendaraan Anda. Selain itu, kotoran tikus seringkali menyebabkan bau yang menyengat di dalam mesin.

Trik Ampuh Untuk Mengusir Tikus Dari Mesin Mobil

Ketika mobil sudah mengalami masalah tentu hal ini bisa mencelakai sang pengemudi dan berakibat fatal. Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu melakukan beberapa trik yang dikenal ampuh untuk mengusir tikus dari mesin mobil. Beberapa trik yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  1. Memanaskan mesin mobil lebih rutin

Cara pertama untuk mengusir tikus dari mesin mobil adalah dengan rutin memanaskan mobil Anda. Untuk Anda yang mempunyai mobil tapi jarang digunakan, jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin mobil setiap hari. Tidak perlu berlama-lama, cukup dalam waktu 3-5 menit saja.

Pada umumnya tikus akan lebih senang bersarang di mobil yang jarang digunakan. Sehingga dengan cara rutin memanaskan mesin mobil maka tikus akan malas untuk naik ke dalam kap mesin mobil. Inilah cara yang cukup efektif untuk dilakukan dengan mudah.

  1. Menyiapkan perangkap tikus

Cara kedua adalah mengusir tikus menggunakan perangkap tikus. Di bawah mesin mobil, Anda bisa menyiapkan perangkap tikus berupa lem ataupun penjepit tikus. Simpan sedikit makanan yang disukai tikus sebagai umpan untuk memancingnya mendekati perangkap.

Penggunaan racun tikus dalam hal ini tidak dianjurkan. Karena racun tikus bisa menyebabkan hewan ini mati di mana saja bahkan tempat yang tersembunyi. Jika tidak ketahuan, tikus akan mati membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Beri aroma tidak sedap

Dengan memberikan aroma-aroma yang tidak sedap di sekitar mesin mobil, cara ini diklaim efektif untuk mengusir tikus. Ada beberapa aroma tidak sedap yang paling tidak disukai mobil diantaranya aroma peppermint, irisan bawang, rambut kucing, rambut anjing, daun mint, kapur barus dan yang lainnya.

  1. Menutup akses masuk tikus

Jika mobil Anda disimpan di garasi tertutup, langkah yang paling tepat untuk mengusir tikus dari mesin mobil adalah dengan menutup akses pintu masuk tikus. Pastikan pintu garasi selalu tertutup dengan rapat di malam hari.

Sedangkan jika mobil Anda disimpan di ruangan terbuka, gunakan kapur barus dengan ban mobil untuk menutup akses pintu masuknya. Hal ini dilakukan agar tikus tidak bisa masuk ke ruangan mesin melalui ban mobil.

  1. Menjaga kebersihan ruang mesin

Cara terakhir, pastikan ruang mesin mobil Anda selalu terjaga kebersihannya dan terhindar dari sisa-sisa makanan ataupun kotoran. Pasalnya ruang mesin yang kotor paling disenangi oleh tikus untuk dijadikan tempat tinggalnya.

Selain cara-cara diatas, ada salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. Yaitu layanan jasa pengendalian hama dari Fumida. Fumida adalah perusahaan pengendalian hama yang sudah mendapatkan izin resmi. Pengalaman di bidangnya selama 10 tahun lebih membuat pelayanannya semakin memuaskan didukung jajaran staff yang professional dan kompeten. Segera hubungi customer service Fumida melalui telepon di 0822-1123-1123 dan 021-29049130 untuk mendapatkan penawaran terbaik dan konsultasi.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123