Tips Rumah Bebas Hama dan Hewan Pengganggu

Hunian nyaman bebas dari serangan hama dan hewan pengganggu menjadi idaman banyak orang. Adanya hama di dalam rumah seperti mimpi buruk bagi pemilik hunian. Tidak hanya mengganggu, kehadiran hama dapat merugikan penghuni tempat tinggal. Hama bisa menularkan berbagai penyakit dan dapat merusak perabotan rumah. Nah agar rumah bebas hama dan hewan pengganggu, simak tips berikut ini.

Tips Rumah Terhindar Dari Hama

1. Menjaga kebersihan rumah

Sudut rumah yang kotor dan menimbulkan bau tak sedap dapat menarik perhatian para hama. Sisa makanan yang tercecer dan lantai kotor juga dapat mengundang datangnya serangga pengganggu seperti lalat dan semut. Rumah yang berantakan dapat menjadi sarang kecoa. Sehingga pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tempat tinggal agar hama dan serangga tidak berkunjung ke rumah.

Lakukan pembersihan rumah secara rutin dengan cara menyapu, mengepel, mengelap perabotan yang berdebu, dan menghisap debu di area lantai. Pastikan juga selalu membersihkan benda-benda dan sisa-sisa sampah di rumah. Selalu tutup makanan Anda atau masukkan kedalam tudung saji agar hama tidak hinggap di makanan.

2. Menyemprotkan Cairan Penangkal Hama Perabotan Berbahan Kayu

Rumah bebas hama seperti rayap tidak dapat dilakukan hanya dengan membersihkan rumah. Walaupun kusen, atap, dan perabotan rumah dari bahan kayu telah dibersihkan, namun tetap berpotensi untuk dimakan rayap dan membuat koloninya. Perlu adanya cara menangkal serangan rayap secara ampuh.

Baca juga  Cegah Gigitan Nyamuk, Berikut 4 Cara Yang Bisa Anda Lakukan

Anda dapat mengaplikasikan cairan penangkal rayap seperti tiner, minyak tanah, kapur sirih, atau insektisida. Masukkan cairan penangkal ke dalam botol spray. Setelah itu langsung semprotkan cairan penangkal rayap secara rutin pada atap rumah, kusen-kusen, dan perabotan rumah dari bahan kayu. Dengan demikian, peralatan rumah berbahan kayu tidak akan menjadi habitat rayap.

3. Simpan Sayuran dan Buah Segar Dengan Baik

Makanan yang terbuka dan dihinggapi hama mengandung bakteri yang berpotensi mengganggu gangguan pencernaan jika dimakan. Apalagi makanan jenis buah dan sayur-sayuran segar adalah bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika disimpan terlalu lama di dapur, buah dan sayur juga dapat mengundang hama dan serangga. Sehingga rumah bebas hama sulit diwujudkan.

Sebaiknya, simpan buah dan sayur segar di tempat yang aman dan terhindar dari jangkauan hama. Tempat terbaik untuk menyimpannya adalah lemari es. Bisa juga disimpan dalam wadah yang ditutup rapat. Segera buang apabila buah dan sayur sudah tidak segar, agar tidak membusuk yang bisa menjadi penyebab muncul hama.

4. Pasang Tanaman Yang Memiliki Bau Wewangian Menyengat Di Dalam Rumah

Beberapa jenis hama sangat tidak menyukai aroma atau wangi-wangian menyengat. Aroma wangi menyengat dapat diperoleh dari tanaman atau bunga. Tanaman sejenis Citronella, Lavender, Basil, Geranium dan Serai Wangi dinilai ampuh mengusir hama dari rumah Anda. Anda bisa memasang tanaman tersebut pada berbagai ruangan di rumah seperti jendela, ruang tengah, dan sebagainya.

5. Hindari Menyimpan Sampah Basah

Tips rumah bebas hama yang terakhir dengan melakukan pengelolaan sampah secara baik. Jangan mencampurkan sampah basah dan sampah kering satu tempat. Usahakan tidak menyimpan sampah basah di dalam rumah. Hama seperti ulat, lalat, dan kecoa sangat menyukai tempat yang lembab seperti sampah basah.

Baca juga  Lakukan 4 Cara Basmi Belalang Agar Tanaman Tidak Rusak

Nah itulah tips yang dapat dilakukan agar rumah anda terbebas dari hama dan hewan pengganggu. Jika langkah di atas tidak belum berhasil mengusir hama atau anda tidak memiliki banyak waktu untuk melaksanakan tips di atas. Maksimalkan usaha membasmi hama di rumah bersama FUMIDA, penyedia jasa terpercaya pembasmi hama.

Leave Comment

one × 4 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123