Keberadaan nyamuk kerap mengganggu kenyamanan semua orang dimana saja dan kapan saja. Apalagi ketika nyamuk ini mulai mendekati telinga. Suaranya terkesan sangat menjengkelkan. Biasanya nyamuk-nyamuk nakal akan mulai bersarang di ruangan yang sedikit gelap, lembab dan di tempat yang bau tidak sedap.

Salah satu tempat yang paling sering digunakan nyamuk untuk bersarang adalah kamar mandi. Kamar mandi memiliki pemicu tersendiri untuk dijadikan sarang nyamuk. Salah satunya terdapat air yang menyebabkan ruangannya lebih lembab. Tidak perlu panik dan emosi, untuk membasmi nyamuk ini hanya dibutuhkan aksi kecil. Yaitu menggunakan obat pembasmi nyamuk.

Mengenal Obat Pembasmi Nyamuk Yang Biasa Digunakan Di Bak Mandi

Di Indonesia, ada dua varian obat pembasmi nyamuk yang biasa digunakan. Yaitu varian obat bubuk dan cair. Masyarakat Indonesia biasanya lebih mengenal obat pembasmi nyamuk ini dengan nama ‘abate’. Selain mudah didapatkan, obat satu ini rupanya sering dibagikan secara cuma-cuma oleh pemerintah atau tenaga kesehatan.

Obat pembasmi nyamuk ini mengandung temefos yang berbentuk pasir coklat muda atau keabu-abuan. Temefos sendiri merupakan bahan kimia insektisida fosfat organik non sistemik. Sehingga penggunaan obat ini tidak akan mencemari lingkungan dan dijamin aman untuk manusia ataupun hewan. Temefos banyak digunakan untuk mengendalikan populasi nyamuk dan serangga yang dicampurkan dengan air.

Cara Alami Membasmi Nyamuk Di Kamar Mandi Menggunakan Obat Nyamuk

Biasanya orang-orang lebih senang memilih spray atau alat pengusir nyamuk elektrik untuk membasmi hewan kecil satu ini. Tapi kedua cara tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal lain yang lebih murah dan terjangkau adalah menggunakan obat khusus pembasmi nyamuk. Obat ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah di pasaran. Berikut ini panduan lengkap menggunakannya!

  1. Siapkan 1 bungkus obat pembasmi nyamuk abate
  2. Tuangkan 1 gram bubuk abate ke bak mandi yang berisi 10 liter air
  3. Abate tidak menyebabkan perubahan warna, rasa ataupun bau pada air meskipun mengandung bahan kimia
  4. Ketika diaplikasikan pada air bak yang menggenang, bubuk obat ini akan bekerja dengan cara membunuh larva nyamuk dan mencegahnya berkembang biak
  5. Bubuk obat pembasmi nyamuk ini akan memperpendek siklus perkembangan larva nyamuk sehingga larva akan menetas sebelum waktunya kemudian mati
  6. Efek bubuk abate membunuh larva hanya bertahan selama 3 bulan
  7. Setelah dituangkan ke dalam air di bak mandi, pastikan untuk tidak menguras penampungan air tersebut atau menyikat dindingnya
  8. Bila disikat, lapisan abate yang menempel di dinding bak mandi akan hilang dan tidak bisa bekerja sesuai fungsinya

Air yang sudah diberi abate tetap aman dikonsumsi oleh manusia ataupun hewan peliharaan. Akan tetapi, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan WHO menganjurkan air ini sebaiknya tidak diberikan pada bayi atau anak-anak. Jika ingin dikonsumsi, jangan lupa untuk merebus air terlebih dahulu sampai matang untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang mengkontaminasi air tersebut.

Selain menggunakan obat khusus untuk membasmi nyamuk di bak mandi, ada beberapa langkah penting pencegahan nyamuk yang bisa Anda lakukan diantaranya :

  • Kuraslah bak mandi minimal 2 kali dalam satu minggu dan menyikat dinding-dinding bak untuk memastikan jentik nyamuknya benar-benar hilang
  • Gunakan air rebusan dari daun sirih untuk membantu membunuh jentik-jentik nyamuk. Untuk cara ini, jangan lupa setelahnya untuk menguras dan membersihkan bak kembali
  • Taburkan garam kasar di bak mandi untuk membunuh jentik nyamuk sampai telur-telurnya

Meskipun sudah menggunakan obat pembasmi nyamuk di bak mandi, hal ini masih belum cukup untuk memberantas nyamuk. Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, sebaiknya gunakan layanan jasa khusus pembasmi dan pengendalian serangga yang professional. Sudah banyak pilihan jasa yang tersedia, salah satunya Fumida. Fumida sudah berpengalaman dalam membasmi nyamuk sampai tuntas, maka dari itu segera hubungi customer service di 0822-1123-1123 dan 021-29049130 untuk melakukan pemesanan dan konsultasi terkait pembasmian nyamuk.

 

 

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123