Tanda Tanaman Terserang Hama

Sebagai pemilik kebun yang menanti tanaman agar bisa segera panen, pasti merasa kesal apabila tanaman terserang hama yang bisa merusak bahkan membuat tanaman menjadi mati. Agar tidak kecolongan dengan keberadaan hama pada tanaman, anda harus lebih jeli dalam mengetahui keberadaan hama. Berikut beberapa tanda tanaman terserang hama yang bisa anda waspadai.

Tanda Tanaman Mendapatkan Serangan Hama Yang Merugikan

1.Hilangnya Daun Atau Tunas

Apabila anda baru saja menanam bibit tomat atau benih kubis lalu mendapati daunnya tiba tiba habis, bisa saja itu adalah pertanda kehadiran hama ulat yang menggerogoti beberapa bagian daun milik anda. Hal ini karena ulat sangat senang dengan beberapa sayuran seperti tomat, brokoli, sawi dan juga kangkung segar.

Hama ulat pemakan daun ini dapat tumbuh hingga ukuran panjang kisaran 5 centimeter dengan warna tubuh ulat yakni hijau, kuning ataupun warna abu abu. Jika merasa terganggu oleh manusia ataupun hewan lainnya, ulat pemakan daun akan menggulung tubuhnya menjadi bentuk huruf C.

2. Bulat Hitam Pada Daun

Tanda tanaman terserang hama berikutnya yakni terdapat ulat tanduk yang biasanya meninggalkan jejak kotoran yang menyerupai butiran kecil berwarna gelap pada daun tanaman. Umumnya ulat tanduk memakan beberapa jenis sayuran seperti paprika, kentang, tomat, dan juga sayuran terong.

Karena memiliki tubuh yang berwarna hijau, terkadang membuat pemilik kebun sulit untuk mengenali ulat tanduk ini. Jika dilihat secara teliti, anda bisa menemui ulat ini yang memiliki tubuh sedikit gemuk serta memiliki bentuk V berwarna putih, serta adanya tanduk lembut yang khas pada ujung kepalanya.

3. Daun Tanaman Habis

Saat berjalan jalan menikmati hijaunya tumbuhan, tiba tiba anda melihat daun pada tanaman anda habis dan hanya tersisa tulangnya. Kondisi ini bukan karena daun yang rontok, tetapi karena ulah hama kumbang kentang Colorado, yang mana hama ini sangat suka memakan tepian daun tanaman.

Habisnya dedaunan pada tanaman jelas menjadi tanda tanaman terserang hama. Meskipun kemungkinan tanaman tidak mati, tetapi kehadiran kumbang kentang Colorado bisa menurunkan kekuatan tanaman. Tidak ketinggalan juga hasil umbi ataupun buah akan ikut mengalami penurunan kualitas.

4. Buah Tomat Berlubang

Menanam sayuran seperti tomat dan terong adalah alternatif menyenangkan bagi anda yang senang dengan hasil buah tomat ataupun terong yang jika mulai muncul buah terlihat lucu dan tidak sabar untuk segera memetiknya. Namun sayangnya terdapat beberapa kasus tomat berlubang yang diakibatkan oleh serangan ulat pada buah tomat.

Proses ini terjadi sebab adanya ngengat dewasa yang bertelur pada bagian bawah daun dan sering kali dekat dengan keberadaan buah tomat tempat dimana larva menetas. Setelah itu larva akan merangkak ke bawah batang lalu memasukkan buah untuk memakannya dari sisi dalam hingga ke luar.

5. Daun Menjadi Berbintik Bintik

Tanda tanaman terserang hama yang terakhir yaitu munculnya bintik bintik yang berada pada daun. Jika anda menanam salah satu anggota mentimun seperti labu, melon ataupun zucchini, makanan ini merupakan makanan favorit dari hama berkaki daun yang kerap kali datang mengganggu tanaman tersebut.

Salah satu serangga dewasa yang sering makan dengan cara berkelompok ini memiliki warna tubuh coklat tua dan juga bentuk tubuh seperti oval. Karena hama ini cukup sulit dikendalikan, maka anda bisa secara manual memeriksa keadaan tanaman secara teratur untuk mengetahui keberadaan hama pengganggu ini.

Demikian beberapa tanda yang bisa dikenali apabila tanaman mengalami serangan hama yang merugikan. Tetapi mengatasi keberadaan hama yang sulit dikendalikan kadang membuat anda merasa kewalahan. Untuk itu anda bisa coba menghubungi FUMIDA sebagai jasa pembasmi hama yang bisa membantu keluhan anda terkait hama yang mengganggu tanaman.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123