fbpx
Gambar 1 - Cara mencegah ular masuk rumah yang efektif

Banyak yang salah kaprah menggunakan garam untuk mencegah ular masuk rumah padahal tak cukup efektif. Bila ingin tahu cara terbaiknya, temukan hanya dalam artikel ini.

Ular merupakan hewan melata yang cukup menyeramkan. Sebagian besar orang akan takut dan merasa diteror saat binatang satu ini masuk ke dalam rumah.

Jangankan ada di dalam rumah, saat secara tidak sengaja bertemu di jalan atau di semak-semak yang ada di luar rumah saja rasanya sudah khawatir sendiri.

Pencegahan tak bisa dihindari manakala di sekitar Anda sudah sering terlihat ular atau ada rumah tetangga yang pernah kemasukan hewan ini.

Terlebih jika tempat tinggal Anda saat ini dekat dengan area sungai dan semak-semak. Sudah pasti, tindakan yang dilakukan harus serius dan tidak bisa ditunda lagi. Sebab di situlah biasanya hewan-hewan seperti ini hidup.

10 Cara mencegah ular masuk rumah yang efektif

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tempat tinggal Anda aman dari hewan melata:

Cara mencegah ular masuk rumah yang efektif

Jangan terlalu mengandalkan garam

Garam memang dari dulu dikenal ditakuti oleh binatang melata ini karena konon mereka tidak bisa berjalan di atas garam. Cara ini bahkan dilakukan oleh anak-anak pramuka saat berkemah.

Faktanya, untuk menghindarkan rumah dari hewan ini, garam tak bisa diandalkan. Garam memang bisa dipakai untuk mengusir hewan, tapi lebih ke bekicot dan lintah.

Jenis hewan-hewan berlendir ini akan merasakan perih pada kulitnya pada saat terkena garam.

Gunakan pengharum lantai dan ruangan

Sebagai pengganti garam, Anda bisa memanfaatkan pengharum lantai pada saat mengepel. Supaya lebih maksimal, pakai juga pengharum ruangan yang siap menjaga kesegaran ruangan setiap saat.

Saat membersihkan kamar mandi, jangan lupa semprotkan pembersihnya ke pojok pintu atau area lembap yang ada di sekitar rumah.

Binatang yang suka berganti kulit ini tidak suka dengan bau wangi menyengat. Jadi, semua pemakaian pengharum tersebut bisa mencegah kedatangan mereka.

Jaga kebersihan rumah dengan baik

Anda harus benar-benar membersihkan rumah bila ingin terhindar dari hewan ini. Kenapa? Dengan area yang bersih, semua jenis tikus tidak akan bersarang atau mampir di rumah Anda lagi, termasuk tikus got.

Tikus merupakan salah satu makanan yang paling disenangi ular. Bila mereka sampai bernaung di tempat tinggal Anda, maka ular juga jadi tertarik untuk datang.

Apalagi secara alami, hewan ini memang suka dengan tempat kotor, gelap, dan tidak terawat. Jadi, kalau ada bangunan kotor, kans untuk didatangi ular jauh lebih besar.

Cara mengusir ular dengan kapur barus

Kapur barus merupakan bahan yang sangat efektif dalam mengusir hama. Benda ini memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak disukai oleh hama.

Cara mengusir ular dengan kapur barus

Untuk mengusir ular dan mencegah ular masuk rumah, silakan beli kapur barus dan hancurkan sampai bentuknya menyerupai bubuk.

Apabila sudah, silakan taburkan bubuk kapur barus di seluruh area sekitar rumah. Khususnya bagian yang lembap.

Segera tutup jika ada retakan atau lubang kecil di rumah

Bila Anda menemukan retakan di dinding atau lubang di tanah, segeralah ditutup. Dari lubang kecil inilah mereka bisa masuk ke dalam tempat tinggal.

Bila ada tikus, segera usir

Ular adalah predator bagi tikus. Maka bila ada tikus di satu area, hewan tersebut akan mencarinya agar bisa makan.

Maka dari itu, apabila di rumah Anda jadi tempat bersarang atau persembunyian tikus, baiknya segera diusir.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus. Mulai dari memasang perangkap atau jebakan, pakai racun tikus, hingga memanggil jasa pembasmi tikus profesional.

Jangan lupa tutup pintu dan jendela

Saat malam hari datang, jangan lupa untuk menutup jendela dan pintu. Khusus untuk ventilasi, Anda bisa memakai kawat rapat. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap bagus, tidak pengap, tapi hewan juga tidak bisa masuk.

Potong rumput di taman

Jangan biarkan area sekitar Anda jadi sarang semak-semak. Bila memang punya taman, selalu jaga tingkat kepanjangan rumputnya di angka normal. Jangan biarkan tumbuh liar tanpa perawatan.

Bila perlu, jadwalkan pemotongan rumput dan tanaman lain kemudian lakukan secara rutin. Agar hewan melata lainnya dan ular tidak masuk ke dalam rumah anda.

Letakkan pakan hewan peliharaan dengan rapi

Bila punya hewan peliharaan, maka jaga makanannya dengan baik. Kondisikan pakan mereka agar tidak tercecer di lantai.

Bila sampai tercecer, maka akan mengundang masuknya tikus. Dengan begitu, ada kemungkinan juga bahwa ular akan masuk ke dalam rumah.

Tanaman pengusir ular

Terakhir, cobalah untuk menumbuhkan tanaman-tanaman yang bisa mengusir binatang ini. Berikut adalah beberapa tumbuhan yang tidak mereka sukai:

Tanaman pengusir ular

  1. Serai (lemongrass)
  2. Marigold.
  3. Bawang putih.
  4. Sambiloto.
  5. Lavender, dll.

Dari 5 contoh tanaman pengusir di atas, ada yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan cocok dengan kondisi alam di sini. Yakni serai, sambiloto, dan bawang putih. Anda boleh pilih tanaman-tanaman tersebut untuk ditanam dan difungsikan untuk keperluan lain.

Cara membasmi ular

Meski sudah dicegah, kadang hewan ini bisa masuk ke dalam rumah. Bila ini terjadi, segera basmi dengan cepat. Anda bisa memanggil jasa pembasmi ular Fumida yang sudah profesional dan berpengalaman.

Tim bisa dihubungi di nomor 0822.1123.1123 atau 021.2904.9130. Kami siap membantu mencegah ular masuk rumah dan membasminya sampai tuntas.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123