fbpx
Gambar 2 - Cara mengusir tikus yang merajalela

Tak hanya dijebak, ada berbagai macam cara mengusir tikus yang merajalela di rumah. Mulai dari cara sederhana menggunakan bahan alami, hingga cara praktis menggunakan alat yang bisa dibeli.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk melihat beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus sampai tak berani kembali ke rumah. Upaya ini perlu dilakukan untuk alasan kenyamanan dan kesehatan.

Tanpa tikus, rumah akan menjadi lebih nyaman. Anda tidak perlu khawatir dengan kotoran dan pergerakannya. Di samping itu, lantai dan plafon rumah juga cenderung akan lebih bersih karena tidak dijadikan tempat lewat hewan pengerat ini.

Terlebih lagi, beberapa jenis tikus menjadi penyebab Hantavirus yang ditularkan lewat sentuhan. Hantavirus ini merupakan penyakit yang bisa menunjukkan gejala pernafasan berat. Bahkan, dalam beberapa kasus ditemukan pasiennya meninggal.

Oleh karena itu, lakukan segera langkah-langkah konkret yang bersifat solutif. Anda bisa mencoba cara di bawah ini:

Cara tradisional mengusir tikus

Ada banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk mengusir hewan pengerat ini, di antaranya adalah:

 Cara tradisional mengusir tikus

Kopi

Bahan pertama yang mudah ditemukan di Indonesia adalah kopi. Aromanya yang harum dan khas menjadi hal yang tidak disukai oleh tikus. Mereka akan menghindari jalur yang ditaburi kopi.

Jadi, bila Anda menaburkan kopi di jalur yang biasanya mereka lalui, maka ini akan membuatnya terkecoh.

Cuka dan bola kapas

Cuka memiliki bau yang sangat menyengat. Aroma ini makin menyengat buat hewan pengerat.

Untuk menggunakan cuka dan bola kapas, Anda perlu membersihkan lantai dulu. Kemudian lumuri bola kapas dengan cuka dan taruh dekat sarang mereka. Basahi kembali bila sudah mengering.

Kamper atau kapur barus

Kapur barus juga bisa membuat takut tikus. Letakkan bahan ini di area yang sering dilalui mereka.

Cengkeh

Siapkan kain kasa, masukkan cengkeh dan biarkan kering. Setelah itu, letakkan cengkeh kering di area yang sering dilalui mereka.

Lada atau merica bubuk

Siapkan lada dan taburkan di jalur lewat mereka. Baunya yang khas dan menusuk akan membuat mereka segera pergi.

Soda kue

Bahan alami satu ini cukup beracun buat tikus. Jadi, Anda bisa menaruhnya di titik yang sering dilewati. Bila termakan, mereka akan segera mencari tempat bersembunyi karena sakit. Namun, karena keracunan, mereka akan mati perlahan. Bersiaplah untuk membuang bangkainya.

Minyak esensial

Bila biasanya minyak esensial digunakan untuk mengharumkan ruangan karena sifatnya yang menenangkan buat manusia. Ternyata hal ini tidak berlaku untuk tikus.

Anda bisa membasahi kapas dengan minyak esensial lalu menaruhnya di jalur lewat mereka.

Cara mengusir tikus yang merajalela

Selain punya hidung yang sensitif dengan aroma, tikus juga cukup cerdik. Maka tak heran bila saat jalurnya sudah dikuasai bahan alami yang harusnya bisa mengusir mereka, tapi tak berhasil karena mereka mampu menghindar.

Bila ini terjadi, Anda bisa melakukan langkah berikutnya, yakni menggunakan alat dan bahan yang sifatnya meracuni tikus.

Cara mengusir tikus yang merajalela

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Pakailah jebakan atau perangkap tikus

Ada banyak jenis jebakan atau perangkap tikus. Salah satunya adalah perangkap dari besi yang proses pemakaiannya harus menggunakan umpan. Cara kerjanya ada yang dijepit, ada juga yang seperti box.

Lem tikus

Ini adalah cara yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Lem ini memiliki daya rekat yang tinggi sehingga pada saat digunakan dan hewan terjebak, mereka tidak bisa lagi bergerak.

Artinya, mereka akan tetap di tempat saat sudah terjebak.

Untuk bisa menggunakan lem ini, Anda membutuhkan kayu atau material lain yang lebar dan cukup berat. Lalu dilapisi dengan lem. Di bagian tengahnya diberi makanan yang dijadikan sebagai umpan.

Racun tikus

Kalau sudah bingung karena mereka tidak pergi-pergi, maka memakai racun adalah pilihan terbaik dalam cara mengusir tikus yang merajalela.

Ada banyak racun yang dijual di internet. Anda bisa membelinya. Namun jangan lupa untuk tetap memperhitungkan cara pakainya.

Cara mengusir tikus yang membandel secara menyeluruh

Meski sudah menggunakan bahan-bahan efektif yang bisa mengusir hewan pengerat, Anda juga tidak perlu melupakan langkah antisipasi. Hal ini dilakukan agar curut yang sudah pergi tidak datang lagi ke rumah.

Cara mengusir tikus yang membandel secara menyeluruh

Dengan cara di bawah ini, rumah akan tahan terhadap tikus, layaknya kayu tahan rayap:

Rutin dan rajin buang sampah

Sampah dapur menjadi salah satu daya tarik buat hewan pengerat karena mereka bisa cari makanan di sini. Jadi, rajinlah membuangnya. Misal membuangnya setiap sore. Jadi, tempat sampah sudah kosong di malam hari.

Bersihkan segera makanan sisa

Bila ada makanan sisa, segera buang dan cuci piringnya. Hal ini akan menghindarkan serangan mereka langsung ke perabot.

Tutup rapat bahan makanan dan makanan sudah jadi

Perhatikan penyimpanan makanan Anda. Tutup rapat dan jangan biarkan tikus mengendus dan memakannya.

Tikus memang cerdik, Anda tak boleh kalah cerdik! Bila seluruh rangkaian cara di atas masih belum berhasil, segera hubungi kami di nomor 0822.1177.1166. Kami, Fumida, adalah pembasmi tikus terpercaya dengan pengalaman lebih dari 10 tahun.

Tim Fumida bisa melakukan penanganan secara menyeluruh dan bergaransi. Selain itu, tim kami juga sudah berlisensi dalam bidang ini. Jadi, jangan ragu lagi!

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123