fbpx
Penyakit kutu tikus disebut pes atau sampar

Segera basmi! Jangan tunggu sampai curut menyebarkan penyakit kutu tikus yang sangat berbahaya buat kesehatan hewan dan manusia. Penyakit ini disinyalir bisa menyerang kelenjar getah bening, bahkan menyebar ke  otak. Meski jumlah kasus dan kemungkinannya sangat kecil.

Karena bahaya, Anda perlu melakukan langkah pencegahan dan pembasmian bila rumah dipakai sebagai sarang tikus.

Penyakit kutu tikus disebut pes atau sampar

Penyakit kutu tikus disebut pes atau sampar

Pes atau sampar adalah sejenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Yersinia pestis. Bakteri ini terletak di kerongkongan kutu dan bisa menular melalui gigitan, baik ke manusia maupun hewan.

Tak hanya pada tikus, kutu ini juga ditemukan di beberapa hewan seperti unta, kelinci, kucing, rusa, anjing, tupai, dan domba. Hewan-hewan ini bisa menjadi perantara penularan penyakit pes.

3 Jenis penyakit pes

Ada tiga jenis utama penyakit ini, di antaranya adalah:

  1. Menyerang kelenjar getah bening (Bubonic plague). Biasanya penyakit ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening dan menyebar ke bagian lain dalam tubuh, termasuk selaput otak.
  2. Menyerang paru-paru (Pneumonic plague), adalah sejenis pes yang menyerang paru-paru. Penyakit ini bila tidak segera ditangani akan menyebabkan masalah serius sampai mengancam nyawa seseorang.
  3. Menyerang darah (Septicemia plague). Dalam beberapa kasus penyakit yang disebabkan oleh tikus, penyakit ini bisa berdampak pada pendarahan di hidung, anus, dan mulut.

Cara penularan penyakit sampar

Ada beberapa cara penularan penyakit sampar, di antaranya dari kutu langsung atau dari inang yang pernah digigit oleh kutu. Berikut penjelasannya:

Penularan melalui gigitan kutu

Ketika kutu menggigit kulit dan menghisap darah inangnya, bakteri yang berada di kerongkongan kutu ini akan keluar dan memasuki kulit si inang.

Baca juga  Perusahaan Pest Control Terbaik di Jakarta

Dari sini, bakteri akan mulai menyerang tubuh inang. Contoh bagian yang diserang adalah kelenjar getah bening, yang kemudian bisa menyebabkan infeksi atau peradangan. Kalau sudah demikian, penyakit ini bisa menyebar secara langsung ke seluruh anggota tubuh.

Naasnya, gejala penyakit ini tidak langsung dapat dilihat. Butuh sekitar 7 hari atau rata-rata 3 hari untuk melihat munculnya gejala.

Penyakit akibat kencing tikus dan cairan lainnya

Sudah disebutkan di atas bahwa penyakit kutu tikus ini bisa ditularkan melalui cairan dari tubuh si inang. Maka dari itu, jika Anda terkena cairan tikus seperti kencing, air liur, atau cairan lainnya. Segera bersihkan dan jangan ditunda lagi.

Cara menghindari dan mengatasi pes

Anda bisa menghindari penyakit ini dengan langkah mudah di bawah ini:

  1. Mencuci tangan secara teratur.
  2. Menjaga kebersihan rumah.
  3. Berhati-hati dengan hewan yang sakit atau mati.
  4. Menjaga jarak dengan penderita (manusia dan hewan).
  5. Basmi dan jauhkan tikus dari rumah
  6. Hindari kutu.

Yang tertulis di atas adalah langkah untuk menghindari penyakit sampar. Lantas, bagaimana cara mengatasinya bila Anda sudah kena gigit atau tertular?

Periksa ke dokter dan dapatkan obat digigit tikus

Jika hal tersebut terjadi, segera periksakan diri ke dokter. Dapatkan obat digigit tikus untuk menghindari penularan lebih lanjut.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini di antaranya adalah demam, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, dll. Tergantung bagian mana yang sudah diserang.

Pakai jasa pembasmi tikus

Anda akan sangat membutuhkan penyedia jasa pengusir tikus jika sudah mengalami ancaman berupa gigitan atau jumlah tikus di rumah sangat banyak. Selalu jaga kebersihan rumah, usahakan tidak menumpuk kardus di dalam rumah, dan buang sampah segera.

Baca juga  Kotoran Rayap dan Fakta Menarik Tentangnya

Ingat, terlalu banyak tikus juga berbahaya karena tikus termasuk salah satu makanan favorit ular. Dengan membasmi tikus, anda juga telah mencegah kesempatan ular untuk masuk rumah Anda.

Hal tersebut merupakan penanganan sederhana, penanganan inti dan konkret akan dilakukan oleh tim yang berkompeten di bidangnya. Sehingga ancaman penyakit kutu tikus tak lagi meneror Anda sekeluarga.

Anda mungkin bisa menggunakan pestisida pengusir tikus, tapi akan jauh lebih aman jika orang yang sudah berpengalamanlah yang menggunakannya. Sebab bahan pestisida memiliki kandungan bahan kimia beracun. Salah pemakaian bisa membawa akibat yang fatal.

Kami, Fumida, tim pest control tikus terbaik berani memberikan jaminan untuk layanan yang diberikan. Silakan hubungi kami di nomor 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

Lokasi Kantor FUMIDA

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]