Solusi Tepat Basmi Hama Leaf Miners

Apakah anda pernah mendapati daun tanaman koleksi di rumah tiba tiba saja bermotif seperti garis yang meliuk liuk? Jika iya, itu berarti tanaman tersebut diserang oleh hama leaf miners atau dikenal juga dengan sebutan serangga orek orek. Berikut cara tepat basmi hama leaf miners agar tidak memberikan motif kurang cantik pada tanaman kesayangan.

Solusi Basmi Leaf Miners Yang Bisa Diterapkan

1.Menekan Daun

Leaf miners merupakan larva dari berbagai serangga, termasuk lalat, lalat buah, dan juga serangga ngengat. Jenis betina dari hama leaf miners dapat bertelur hingga 250 telur. Yang mana telur tersebut akan diletakkan pada bagian bawah daun. Dalam peletakannya, mereka menggunakan sistem ovipositor agar dapat menembus permukaan daun serta menyimpan telur didalam daun tersebut.

Karena telur leaf miners diletakkan pada daun, anda pun bisa menekan daun sebagai salah satu cara untuk mengusir hama leaf yang berada pada tanaman. Lakukan pengawasan dengan cermat apabila anda telah melihat bahwa ada garis bergelombang yang diciptakan oleh leaf miners.

Cara selanjutnya yaitu dengan menekan bagian daun tersebut. Dengan begitu, maka secara tidak langsung anda akan menekan larva lalu membunuhnya. Cara basmi hama leaf miners seperti itu adalah cara tepat agar anda bisa membunuhnya tanpa harus benar benar menyentuh bagian tubuh hama larva.

2. Membuang Daun

Penampilan akibat serangan leaf miners ini sangatlah mengganggu tumbuh kembang tanaman dan memberikan corak yang membuat daun menjadi tidak cantik lagi. Apabila kerusakan daun hanya sedikit, anda bisa langsung memetik daun tersebut. Boleh memetik langsung menggunakan tangan atau bisa juga dengan menggunakan alat seperti gunting.

Setelah memetik daun yang rusak, langkah selanjutnya yaitu membuang daun tersebut ke area yang jauh dari rumah. Selain itu, anda juga bisa membungkusnya dengan plastik sampah lalu buang ke tempat pembuangan sampah. Langkah ini dilakukan sebagai upaya basmi hama leaf miners agar pergi jauh meninggalkan pekarangan rumah anda.

3. Menggunakan Penutup

Solusi berikutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara mencegah mereka masuk. Pada tahap ini terdapat dua metode yang bisa digunakan. Kebanyakan tukang kebun serta petani sayur menggunakan plastik hitam untuk dapat menutupi tanah di barisan tanaman mereka. Hal ini dilakukan sebagai cara mencegah larva yang berhibernasi untuk muncul ke permukaan tanah.

Pembatas lain yang bisa digunakan adalah paranet. Karena semua serangga dewasa merupakan serangga terbang, maka paranet akan berhasil untuk mencegah hama serangga betina mendarat di area tanaman untuk menyimpan telurnya. Apabila menerapkan metode ini, pastikan kembali anda mengamankan sisi serta ujung dari paranet agar serangga tidak dapat masuk.

4. Perangkap Lem

Cara basmi hama leaf miners atau orek orek yang berada pada tanaman indoor atau di dalam ruamah kaca adalah menggunakan perangkap lem. Perangkap lengket adalah lembaran kertas yang dilapisi dengan lem khusus lalu digantung atau ditempatkan pada beberapa pegangan tongkat di rumah kaca.

Untuk menangkap leaf miners, anda bisa menggunakan warna kuning atau warna biru. Sebab, leaf miners dewasa akan lebih mudah tertarik pada warna warna kuning serta biru yang cerah. Ketika mereka sudah mendarah pada perangkap, maka leaf miners dewasa akan terjebak pada perekat tersebut.

Apabila serangga sudah terperangkap pada lem yang telah anda buat, maka dapat dipastikan leaf miners tidak bisa kawin ataupun bertelur di tanaman yang anda miliki. Cara ini juga cukup mudah dilakukan, hanya perlu memprersiapkan kertas dan juga lem khusus untuk menghentikan perkembang biakan leaf minners yang mengganggu.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan hama leaf miners atau orok orok yang berada di tanaman. Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran hama tanaman, anda bisa menghubungi FUMIDA yang telah berpengalaman dalam membasmi hama tanaman atau rumah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123