fbpx
Bawang putih sebagai tanaman pengusir kecoa

Lupakan sejenak semprotan atau bahan kimia buat membasmi kecoa, mari kita beralih ke cara yang lebih alami menggunakan tanaman pengusir kecoa. Memangnya ada? Iya, ada banyak sekali jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengusir kecoa.

Beberapa jenis tanaman tersebut bahkan dapat ditemukan dengan mudah dan kita gunakan hampir setiap hari. Tanaman apa saja itu? Temukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini!

Daftar 7 tanaman pengusir kecoa yang ternyata ada di sekitar kita

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang cukup familiar dan bisa digunakan untuk mengusir hama, termasuk di antaranya adalah kecoa:

Bawang putih sebagai tanaman pengusir kecoa

1. Bawang putih

Bumbu dapur yang setiap hari dibutuhkan untuk memasak ini ternyata bisa digunakan untuk mengusir kecoa. Bawang putih memiliki bau yang tajam dan tidak disukai oleh mayoritas serangga, termasuk kecoa.

Aroma yang paling menyengat pada bawang putih didapatkan dari bawang putih segar yang dicincang. Maka dari itu, jika Anda ingin mengusir kecoa, cobalah buat bawang putih cincang, kemudian ditaruh di tempat munculnya kecoa atau langsung ke persembunyian mereka.

Kalau Anda dan anggota di rumah tidak suka dengan bau bawang putih yang menyengat, gunakanlah bubuk bawang putih sebagai solusi sementara.

2. Daun salam

Selain daun jeruk, daun salam menjadi salah satu item bumbu dapur yang jarang ditinggalkan. Terlebih pada saat membuat sayur santan.

Aroma daun salam memang tidak terlalu menyengat buat manusia. Tapi aroma ini tidak disukai oleh kecoa.

Daun ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kecoa yang berada di sekitar retakan dinding, di bawah peralatan atau perabot (misal: kulkas), dan celah lainnya.

Caranya adalah dengan menggulung daun salam lalu ditumbuk sampai halus. Cara praktis lainnya adalah dengan menggilingnya menggunakan penggiling kopi. Selanjutnya, taburkan daun salam halus ke area yang diinginkan.

Baca juga  Jasa Pembasmi Kecoa di Jakarta

3. Tanaman krisan

Tak hanya cantik dan menarik, krisan ternyata memiliki manfaat yang banyak, salah satunya adalah untuk mengusir kecoa. Salah satu jenis krisan yang paling sering digunakan sebagai tanaman pengusir kecoa adalah Pyrethrum.

Tanaman ini bisa dijumpai di toko-toko tanaman terdekat atau di toko online. Tanaman ini hidup di pot dan harus rutin dirawat. Salah satu caranya adalah dengan rutin memotongnya agar muncul ranting baru dan tidak cepat mengering.

4. Mentimun

Aroma mentimun yang segar ternyata tidak disukai oleh kecoa. Tak heran bila setiap ada mentimun, kecoa dengan sendirinya akan menyingkir dan berpindah ke area lainnya.

Untuk mengusir kecoa menggunakan mentimun Anda bisa mengulitinya kemudian ditaruh di salah satu pojok ruangan. Tapi ini kurang aman buat anak-anak atau hewan peliharaan. Sebab mereka bisa sewaktu-waktu memakan mentimun tersebut.

Cara lainnya yang agak ribet tapi aman adalah dengan menanam mentimun di sekitar rumah.

5. Serai

Serai merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh. Rumput-rumputan yang mengeluarkan aroma khas ini bisa dipakai sebagai bahan memasak di dapur dan dibuat jadi minuman dengan cara direbus.

Untuk memanfaatkannya sebagai pengusir kecoa, silakan tanam serai di taman mini rumah Anda.

6. Tanaman kucingan atau catnip

Tanaman ini sangat disukai oleh kucing tapi dibenci oleh kecoa. Anda bisa menanam tanaman kucingan untuk mendapatkan manfaatnya.

Sebab menurut studi yang dilakukan di universitas Iowa, catnip adalah tanaman penangkal kecoa terbaik.

7. Osage-Orange

Nama tanaman ini memang tak se-familiar tanaman-tanaman sebelumnya. Ciri dari tanaman ini adalah buahnya mirip seperti otak berwarna hijau. Buah ini memiliki aroma yang sangat dibenci oleh kecoa.

Baca juga  10 Tanaman Pengusir Lalat di Rumah, Warung, Kandang Ayam

Kesimpulannya, tanaman pengusir kecoa di atas memang bisa memberikan manfaat secara efektif. Akan tetapi, jika ini tidak berjalan lancar atau Anda terlalu sibuk untuk mengurus tanaman tersebut, percayakan pengusiran kecoa langsung pada ahlinya.

Jasa pengusir hama kecoa terbaik bisa menjadi opsi yang sangat pas. Pembasmi kecoa, Fumida, sudah sangat berpengalaman dan mengenali karakteristik kecoa dengan sangat baik. Sehingga mereka pun bisa menentukan langkah paling efektif untuk melakukan pengusiran. Hubungi sekarang di nomor: 0822.1177.1166 atau 021.29049130

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

Lokasi Kantor FUMIDA

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]