Cara Membasmi Rayap

Anda mungkin cukup sering melihat fenomena lemari kayu yang lapuk karena dimakan rayap. Namun tahukah anda bahwa serangga ini juga bisa merusak pakaian yang ada di dalam lemari kayu tersebut ? Terlebih rayap menyukai pakaian dengan aroma body soil. Oleh karena itu ikuti cara membasmi rayap berikut untuk menyelamatkan pakaian anda.

Cara Membasmi Hama Rayap

1. Turunkan Suhu Ruangan

Apabila lemari pakaian anda berada pada ruangan ber AC, maka alat elektronik tersebut bisa anda manfaatkan untuk membasmi rayap. Penting untuk anda ketahui bahwa serangga satu ini ternyata tidak menyukai suhu dingin yang ekstrim. Sehingga untuk mengusirnya anda dapat mencoba untuk menurunkan suhu AC di ruangan.

Atur agar AC berada pada suhu rendah, hingga benar benar terasa dingin di kulit. Diamkan keadaan ini selama beberapa saat, maka rayap kayu maupun rayap tembok yang ada di ruangan dengan air conditioner tersebut pasti langsung sirna. Cara ini terbilang cukup praktis, apabila anda memiliki alat pendingin ruangan di rumah.

2. Siram dengan Air Sabun

Cara membasmi rayap selanjutnya yang bisa anda tempuh yaitu dengan memanfaatkan air sabun. Berbagai jenis sabun bisa anda coba gunakan di sini, mengingat bahwa sabun sendiri memang dirancang dengan tujuan untuk menghilangkan kuman dan bakteri baik di tubuh maupun pakaian dan lain sebagainya. Sehingga anda dapat menggunakannya yang memang sudah ada di rumah.

Cairan sabun dinilai cukup ampuh dalam mengusir rayap, karena bisa membuat serangga tersebut lebih cepat mati dengan cara mengganggu aliran pernapasannya. Cara penggunaannya juga terbilang tidak rumit, sebab anda hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke seluruh furniture dari kayu yang telah diserang oleh hama satu ini.

3. Kapur Barus

Tahukah anda mengapa kapur barus banyak diletakkan di dalam lemari ? Tentu karena zat kimia satu ini bisa menangkal berbagai hama pengganggu di lemari pakaian anda, mulai dari semut, kecoa, dan tentu saja rayap. Pasalnya kapur barus memiliki kandungan naftalena, yang bersifat mematikan terhadap serangga kecil seperti yang telah disebutkan.

Masyarakat Indonesia sendiri banyak yang menggunakan cara membasmi rayap satu ini, mengingat bahwa kapur barus cukup mudah ditemukan di mana mana baik itu supermarket maupun mini market. Anda cukup meletakkan segenggam kapur barus tersebut di dalam perabotan kayu yang ada di rumah termasuk lemari pakaian, maka rayap pun akan enggan mendekati.

4. Hangatkan di Bawah Sinar Matahari

Apabila lemari pakaian anda berada di area yang lembab, maka jangan heran jika rayap betah berlama lama di sana. Oleh karena itu dalam hal ini anda bisa memanfaatkan energi panas terbesar, yakni matahari. Perlu diketahui bahwa serangga seperti rayap tidak menyukai hawa panas, sehingga lemari yang terkena sinar matahari akan membuatnya enggan mendekat.

5. Cairan Kapur Sirih

Cara membasmi rayap yang tidak kalah ampuh yaitu menggunakan cairan kapur sirih. Meski terbilang cara tradisional yang alami, namun khasiatnya tidak kalah dari bahan kimia yang telah disebutkan. Anda cukup mencampurkan kapur sirih dengan segelas air, jika sudah tercampur rata maka anda bisa menyemprotkannya pada bagian lemari yang diserang oleh rayap.

Masalah rayap memang menjadi momok tersendiri bagi para pengguna perabotan kayu. Cara cara di atas bisa anda coba untuk mengatasinya, namun jika masalah rayap ini sudah dalam skala besar maka sebaiknya segera gunakan jasa FUMIDA. Karena hama satu ini termasuk sulit untuk dikendalikan, maka penggunaan jasa menjadi solusi yang paling efektif.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123