fbpx
Gambar 1 - Cara mengusir tikus yang membandel pakai perangkap dan racun

Segera lakukan cara mengusir tikus yang membandel bila jumlah hewan pengerat ini makin banyak di rumah dan gedung Anda. Jangan sampai penghuni rumah tak nyaman dan ciptakanlah lingkungan yang lebih sehat.

Seperti yang diketahui, tikus, curut, dan semacamnya merupakan hewan yang hidup di tempat kumuh. Untuk mendapat makanan, mereka bahkan harus masuk ke got, tempat sampah, dan area kotor lainnya.

Bayangkan ada berapa banyak kuman yang menempel di tubuh hewan ini dalam proses pencarian makanan tersebut. Tentu ada banyak sekali.

Cara hidupnya yang tidak bersih ini membuat hampir semua orang jijik dan segera ingin membasminya.

Sayangnya, proses pengusiran dan pembasmian tikus tidak selalu mudah. Meski begitu, masih ada beberapa tahapan yang bisa dicoba untuk benar-benar terbebas dari hewan pengerat ini. Apa saja? Simak ulasan ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Temukan jalan masuk dan sarang

Ketika ada tetangga yang rumahnya diserang oleh tikus, maka berhati-hatilah. Karena bisa jadi, hewan ini akan menyerang rumah pribadi Anda juga.

Agar hal ini tidak terjadi, segera tutup jalan masuknya. Misalnya adalah lubang kecil penghubung antar rumah, atap, atau yang lainnya.

Langkah ini juga harus dilakukan ketika mereka sudah masuk ke dalam rumah. Tujuannya adalah agar hewan pengerat yang ada di luar tidak bisa masuk dan menambah jumlah populasi dalam rumah.

Anda pun bisa lebih fokus menangani tikus yang ada di dalam rumah dengan lebih serius dan perencanaan yang matang.

Selain itu, Anda juga perlu menemukan sarang mereka. Caranya adalah dengan memberikan umpan secara acak di lantai rumah.

Umpan yang paling banyak habis merupakan petunjuk bahwa area tersebut adalah jalur yang sering dilewati oleh hewan pengerat. Dengan kata lain, bisa jadi lokasi sarangnya sangat dekat dengan area tersebut.

5 Cara mengusir tikus yang membandel pakai perangkap dan racun

Terdapat banyak sekali jenis jebakan dan bahan mematikan yang bisa dipakai untuk mengusir sekaligus membasmi hewan ini. Beberapa di antaranya adalah:

Baca juga  Beberapa Hal Yang Perlu Anda Lakukan untuk Menghilangkan Tikus!

Cara mengusir tikus yang membandel pakai perangkap dan racun

Lem

Lem menjadi pilihan banyak orang yang ingin menangkap tikus secara alami. Daya rekatnya kuat dan apabila sudah tertangkap, mereka akan kesulitan untuk melepaskan diri.

Pemakaian lem ini cenderung aman karena risikonya hanya terkena lem. Kalaupun kena, Anda bisa membersihkannya secara perlahan menggunakan air.

Yang perlu diketahui, meski daya rekatnya kuat. Kadang cara ini kurang efektif. Saat berusaha melepaskan diri, tikus rela kehilangan rambut atau bulunya sehingga menempel di lem. Sementara tubuhnya tetap bisa melarikan diri.

Penjepit

Jebakan tikus yang berupa penjepit ini sudah ada sejak zaman dulu. Cara kerjanya adalah dengan memberi umpan pada bagian ujung penjepit.

Ketika hewan pengerat hendak meraih makanan yang jadi umpan, maka saat itu juga hewan ini akan terjepit dan tak bisa berkutik.

Racun

Bila dicari di internet, ada banyak sekali racun tikus yang bisa dipakai. Bahan ini cukup berbahaya jadi penggunaannya harus hati-hati.

Pengusir tikus elektrik

Pilihan keempat ini merupakan salah satu opsi modern yang bisa dilakukan. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan gelombang ultra sonik yang tidak bisa didengarkan oleh manusia namun sangat mengganggu buat tikus.

Biasanya, produk seperti ini juga ampuh untuk hama lainnya seperti kecoak. Jadi, cukup multifungsi.

Beberapa produk mengklaim bahwa proses pengusiran hanya butuh waktu sekitar 1 sampai 2 minggu saja.

Cara mengusir tikus dengan kapur barus

Kapur barus merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk meracuni tikus. Baiknya, bahan ini tidak berbahaya buat manusia. Jadi, sangat aman dipakai.

6 Cara mengusir tikus yang merajalela dengan memperhatikan kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu solusi yang harus dilakukan agar hasil dari penanganan tikus bisa berkelanjutan. Berikut adalah cara mengusir tikus yang merajalela dengan memperhatikan kebersihan:

Baca juga  5 Bahan Alami Pembasmi Hama Tikus yang Bisa Anda Coba

Cara mengusir tikus yang merajalela dengan memperhatikan kebersihan

Bersihkan rumah setiap hari

Jagalah kebersihan rumah. Sapu dan pel setiap hari. Gunakan pewangi untuk membersihkan lantai agar tikus tak tahan dengan baunya.

Buang sampah secara rutin

Membuang sampah secara rutin wajib dilakukan. Jangan ditumpuk. Karena inilah yang menarik mereka datang dan mencari makanan di rumah Anda.

Keluarkan kardus atau benda tak terpakai lainnya segera

Bila ada benda tak terpakai, misal kardus, kayu, stereofoam, kain, atau semacamnya. Segera keluarkan. Jangan ditumpuk di dalam rumah karena bisa dijadikan tempat bersarang.

Rapikan taman, pangkas semak-semak

Bila Anda memiliki taman atau kebun di halaman depan atau belakang, maka jagalah kerapiannya. Perhatikan pada bagian semak-semak, pangkas hingga bersih.

Perhatikan gudang penyimpanan

Gudang merupakan area penyimpanan berbagai jenis barang. Seringlah melakukan pengecekan dan tata dengan rapi. Gunakan box yang aman dan tidak bisa digerogoti oleh tikus.

Tutup makanan dengan baik

Makanan sehari-hari juga harus mendapatkan perhatian. Termasuk bahan makanan yang hendak dipakai untuk memasak. Pastikan semuanya tersimpan dengan baik.

Panggil jasa pembasmi tikus

Bila dengan cara mengusir tikus yang membandel di atas, mereka tak juga pergi. Maka mau tidak mau Anda perlu tenaga ahli untuk melakukan pengusiran.

Panggil jasa pembasmi tikus

Jasa pembasmi tikus Fumida adalah partner terbaik karena sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang penanganan hama. Pest control terbaik Jakarta ini bisa dihubungi melalui nomor 0822.1177.1166.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]