Usir Tikus dari Plafon Rumah

Salah satu masalah hama yang cukup sering dihadapi oleh masyarakat di rumah mereka, yakni adanya tikus yang bersarang di plafon. Plafon memang menjadi salah satu tempat favorit sebagai tempat tikus bersarang. Karena bisa menimbulkan banyak kerugian bagi penghuni rumah, simak cara mengusir tikus dari plafon berikut ini.

Cara Mengusir Tikus

1. Campuran Amonia

Aroma yang dihasilkan oleh amonia bisa membuat tikus sangat terganggu. Tidak heran jika amonia ini menjadi salah satu musuh besar bagi hewan pengerat tersebut. Karena anda akan mengusir tikus dari plafon, maka bau yang sangat kuat dari zat ini pun tidak akan mengganggu aktivitas anda. Sehingga anda tidak perlu khawatir dalam penggunaannya.

Cara menggunakan zat satu ini yaitu pertama siapkan wadah khusus, lalu campurkan ¼ air dengan 2 cangkir amonia serta 2 sendok detergen. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata, lalu tempatkan wadah berisi campuran ini di plafon. Tempatkan wadah di tempat yang sering dilalui oleh tikus, agar amonia bisa bekerja lebih efektif.

2. Daun Mint

Cara mengusir tikus dari plafon selanjutnya juga bisa memanfaatkan daun mint. Tanaman satu ini memang memiliki aroma yang cukup kuat, bahkan nyamuk dan berbagai serangga lain juga bisa dicegah masuk ke dalam rumah dengan daun ini. Tidak terkecuali tikus, aroma dari daun mint yang tidak disukainya akan membuat hewan satu ini enggan masuk ke dalam rumah anda.

3. Cengkeh

Bahan dapur dengan aroma wangi semerbak ini juga bisa anda gunakan sebagai alat untuk mengusir tikus dari rumah. Pasalnya tikus juga tidak menyukai aroma menyengat yang dikeluarkan oleh cengkeh, sehingga hewan mungil tersebut tentu tidak betah jika harus berlama lama di rumah yang memiliki aroma cengkeh kuat.

Cengkeh sendiri tentunya dapat anda temukan dengan mudah, bahkan biasanya sudah tersedia di dapur. Cukup bungkus biji cengkeh yang telah dikeringkan, menggunakan kain kasa. Lalu anda dapat meletakkan kain berisi biji cengkeh ini di berbagai sudut yang biasanya dilewati oleh tikus, misalnya sudut sudut dapur dan lain sebagainya.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Siapa sangka jika bawang merah dan putih juga bisa menjadi cara mengusir tikus dari plafon yang cukup efisien. Lagi lagi hal ini karena aroma dari bahan dapur tersebut yang begitu kuat, tidak disukai oleh tikus. Anda bahkan dapat menanam tanaman ini di depan rumah, untuk mencegahnya tikus berusaha masuk. Selain itu anda pun dapat memanennya untuk bumbu dapur.

5. Cabe Rawit

Bahan alami yang banyak digunakan untuk membuat sambal ini, juga dapat digunakan untuk membuat tikus tidak betah berada di rumah anda. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara menghancurkan cabe rawit tersebut, kemudian melarutkannya di dalam air. Selanjutnya semprotkan larutan cabe rawit di area yang disinyalir sebagai sarang tikus atau tempatnya sering lewat.

6. Menutup Lubang Plafon

Cara mengusir tikus dari plafon serta mencegahnya untuk datang kembali, yaitu dengan menutup lubang lubang yang ada di sana. Pasalnya lubang ini bisa dijadikan sebagai jalan untuk tikus keluar masuk, dan bebas berkeliaran di rumah anda. Sisir semua area plafon dengan benar termasuk pula genteng rumah, dan pastikan bahwa semua lubang sudah tertutup rapat.

Hama hewan pengerat memang menjadi salah satu masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi masyarakat. Karena tikus bisa menimbulkan berbagai kerugian, termasuk menyebarkan penyakit. Sebagai solusinya, anda bisa memilih jalan praktis seperti menggunakan jasa FUMIDA yang mampu menjamin plafon anda terbebas dari tikus.

Leave Comment

seventeen + 8 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123